Tuesday, May 20, 2014

Galery aplikasi mobile seputar Pemilu

Menjelang pesta demokrasi di Indonesia, yang dikenal dengan Pemilu (Pemilihan Umum) untuk caleg (calon legislatif) pada tanggal 9 April nanti, tentunya banyak sekali dari Anda belum mengenal dengan baik siapa caleg yang mencalonkan diri, bagaimana latar belakangnya, bagaimana track-record nya di kancah politik di Indonesia.

Oleh karena itu, KPU (Komisi Pemilihan Umum), Perludem (Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi), Rumah Pemilu, dan beberapa media terkait mengadakan suatu event bertajuk Hackathon ”Code for Vote” pada 8-9 Maret lalu yang mana mengumpulkan para penggiat teknologi untuk membuat aplikasi mobile dengan memanfaatkan API dari API Pemilu.

Dari event tersebut, dihasilkan aplikasi-aplikasi mobile yang dapat membantu masyarakat untuk mengenal lebih dekat tentang Pemilu itu sendiri, partai politik, dan juga caleg. Untuk itu, Perludem dan Rumah Pemilu membuat website PemiluApps untuk mengelola aplikasi-aplikasi tersebut yang dalam development-nya memanfaatkan API dari API Pemilu. Berikut ini adalah galery aplikasi karya anak bangsa tentang Pemilu yang dapat Anda dapatkan secara gratis.

Aplikasi yang dibuat oleh tim AppKitchens ini bertujuan untuk mengetahui biodata dan kemampuan para caleg di Pemilu 2014 dengan sistem skor. Penilaian dengan sistem skor tersebut tentunya merujuk pada beberapa parameter, seperti tingkat pendidikan, tingkat universitas, pengalaman pekerjaan, pengalaman organisasi, umur, dan wawasan akan lingkungan. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk mobile Android dan juga web.

Aplikasi yang dibuat oleh tim Ciheulang ini hadir dalam bentuk game trivia seputar Pemilu 2014. Tujuannya tentu mengedukasi masyarakat tentang seluk beluk Pemilu, partai, maupun caleg. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk mobile Android.

Caleg Store, dibuat oleh  tim Alexcier ini merupakan wadah digital berkumpulnya profil para caleg DPR dan DPRD. Anda bisa mempelajari latar belakang mereka mulai dari keluarga, riwayat pendidikan, pekerjaan, organisasi, dsb. Anda juga bisa memberikan rating dan komentar untuk tiap caleg sehingga para pemilih bisa berbagi informasi mengenai para caleg. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk mobile Android.

One Vote, dibuat oleh tim OneBit merupakan aplikasi mobile berbasis Android yang bertujuan untuk mengetahui berita tentang Pemilu dan aktivitas caleg sesuai dengan daerah pengguna aplikasi. Di dalam fiturnya juga terdapat analisis sentiment (negatif, positif, netral) dari masing-masing caleg berdasarkan jejaring sosial.

Aplikasi ini berisi informasi informasi seputar Pemilu 2014. Dengan aplikasi ini, Anda dapat lebih mengenal partai politik dan caleg beserta profilnya di daerah masing-masing. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk mobile Android.

Aplikasi Pemilu membantu Anda mengenal dengan lebih jelas profil partai dan riwayat hidup para calon DPR, DPD, dan DPRD. Anda juga bisa mengecek apakah sudah terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap). Aplikasi ini tersedia dalam bentuk mobile Android.

Aplikasi ini dibuat untuk memberikan informasi Pemilu kepada masyarakat Indonesia. Beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi ini adalah berita terhangat, countdown jadwal Pemilu, tata cara Pemilu, kuis Pemilu, serta informasi caleg. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk mobile Android.

Aplikasi ini berisi tentang rangkuman berita-berita terkini tentang partai yang ingin Anda ketahui, informasi partai dan caleg di daerah Anda, Quick Count, mengecek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih tetap, dan menu lainnya. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk mobile iOs Apple.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat aplikasi seputar Pemilu, pada halaman website PemiluApps tersebut, Anda juga bisa melakukan submit aplikasi Anda, misalkan untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, tentunya aplikasi tersebut memanfaatkan API dari API Pemilu.

Gunakan hak pilih Anda untuk memilih wakil-wakil rakyat yang tepat guna membangun masa depan Indonesia yang lebih baik.


Sumber Artikel, diklikkanan

No comments:

Post a Comment